Ndu kutubloger

Share everything wonder - find out and grab it here !


Apa itu Ubuntu ?
Ubuntu adalah Opertion System seperti Windows, Mac dll, merupakan salah satu distribusi dari Linux berbasis Debian dan tersedia secara gratis di suport oleh komunitas dan tenaga ahli profesional. Nama Ubuntu berasal dari bahasa Afrika selatan yg artinya "Kemanusian Kepada Sesama" tersedia untuk digunakan secara Personal dan tersedia juga untuk versi server. sumber


Kelebihan yg dimilikinya
Linux adalah turunan dari system Unix terkenal dalam segi keamanan ,satu-satunya cara untuk melakukan installasi, penghapusan, me-rename dan menambahkan sesuatu kedalam sistem hanya dengan menggunakan perintah sudo yang dilanjutkan dengan pertanyaan password, dengan demikian walaupun virus (itupun jika ada ) akan sulit hidup dalam Ubuntu. Itu sebabnya Ia terkenal handal dalam segi security bertolak belakang   dengan system yg digunakan pada Os Windows yg notabenenya sangat kesulitan dengan virus-virus yg wara-wiri menyerangnya silih berganti.

Spesifikasi yg dibutuhkan
Ubuntu tidak membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi. Bahkan ada banyak distro turunan Ubuntu yang sengaja dibuat untuk digunakan pada komputer-komputer dengan spesifikasi yang sangat minim.
Update pada Ubuntu dilakukan pada seluruh aplikasi yang diinstall menggunakan repository lain halnya dengan windows yg hanya mengupdate system operasi dan produk microsoftnya saja itu juga kalau windowsnya genuine dan didapat secara legal atau berbayar jika tidak malah akan dicap palsu dan akan membuat system berjalan bak keong racun.

Memungkinkan untuk membuat distro sendiri
Jika Anda tidak puas dengan dengan fitur yang ada, Anda bisa membuat sendiri distro turunan Ubuntu yang isinya sesuai dengan  kebutuhan Anda. Selanjutnya distro ini bisa Anda gunakan untuk keperluan pribadi, kantor atau pun akan disebarkan sebagai distro baru bikinan Anda

Tidak User Friendly
Setiap kelebihan pasti ada kekurangan mungkin inilah salah satu kekurangan ubuntu yang paling mengena dipara penggunanya. Dari segi penempatan menu, management file & propertiesnya, aplikasi – aplikasi di dalamnya dll, akan membuat kaku para penggunanya karena ketidakbiasaan dalam menjalankannya mungkin efek dari penerapan pendidikan yang mengenalkan product Microsoft semenjak bangku sekolah. Dalam menggunakannya mungkin akan dibanding – bandingkan dengan OS yang sering mereka pakai sebelumnya. Dalam administrasinya seperti konfigurasi, installasi dsb secara default Ubuntu masih menggunakan file teks  dan memerlukan terminal (console).

linux ubuntu screenshot
ubuntu screenshot

Gimana tertarik untuk mencoba hal baru jika jawaban anda "YA" saya sudah menyiapkan link download untuk anda :
Dan untuk instalasinya sangat mudah dengan melihat arahan dari gambar saja saya rasa anda sudah mengerti dan bisa untuk mempraktikkannya dirumah tanpa harus menjadi ahlinya sekalipun, silahkan pelajari step by step cara instalnya kesini untuk desktop dan kesini untuk server.

1 komentar :

Ardiansyah Blog said...

Ijin Sedot gan..

Post a Comment

Maaf jika saya remove comment yang kurang relevant. Berkomentarlah dengan baik sesuai dengan pembahasan dan gunakan kata-kata yg sopan.