Ndu kutubloger

Share everything wonder - find out and grab it here !


playstation3 jailbraking images
Anda seorang Gamer sejati tentunya tau dong apa itu Play Station 3 !? kalau belum tahu silahkan berkunjung kemari, sengaja saya tidak membahasnya sebab saya yakin anda lebih tahu. Kita sekarang cuma membahas dan mempelajari cara menjaili atau bahasa kerennya "Jailbreake" Console PS3 supaya bisa memainkan game-game bajakan berhubung game's yg asli harganya selangit kisarannya ratusan ribu keatas mending beli cendol bisa berenang dech.. I-)

So kalau ada cara lain yg lebih praktis dan murah kenapa harus milih yg mahal ! efisien dikit maksudnya..Bro...hehe..
Ketimbang ngomel-ngemel ntar bisa jadi fitnah mending kita mulai aja Jailnya Ok...?? yuk mari..... >:)
Jadi pertama kita mulai siapkan strategi serta alat-alat perangnya dulu antara lain :

1. PS 3
2. USB stick / Flashdisk formatnya harus FAT 32 kapasitas minimal 2 GB
3. Ps3 menggunakan fimware 3.55 kebawah
4. Ps3 official 3.55 firmware
5. Kmeaw 3.55 pre patched pup
6. Winrar
7. Dan kopi secukupnya biar mantab kerjanya sob ~O)

Semua sudah terkumpul mari mulai berperang, 
note : contoh dibawah menggunakan versi 3.55 bukan versi 3.41 dikarenakan versi baru dan lebih stabil.

Pertama-tama cari tahu dulu versi dari console anda dgn cara sbb :
nyalakan PS3nya setelah menyala "tekan arah kiri" cari "setting" scroll kebawah sampai menemukan "system setting" kemudian tekan X "tanda kali pada controller" scroll lagi kebawah sampai menemukan "System Information" lalu tekan X "kali" disana anda akan menemukan info tentang versi yg dipakai.
XMB --> setting --> system setting --> system information

1. Instalasi Official Sony Firmware 3.55
( Console dirumah anda menggunakan firmware 3.55 dan belum pernah dijaili silahkan lompat kecara ke 2 )
Jika belum upgrade ke versi 3.55 maka Anda perlu untuk men-downloadnya dulu :
ini maksudnya agar semua system operasi menggunakan versi 3.55 sebagai dasar agar natinya bisa di customisasi oleh "CFW / Custom Firmware" yg akan kita instal pada langkah ke-2 biar nyambung maksudnya bro karena firmware jailbrake yg akan kita gunakan menggunakan versi 3.55.
Oceh jika filenya sudah diunduh extract file rar tersebut menggunakan Winrar kemudian sobat akan menemukan filenya seperti ini PS3UPDAT.PUP, selanjutnya format dulu flashdisknya ke FAT32 ingat bukan NTFS lho lalu buat folder pada flashdisk rename dengan nama "PS3" nah kemudian didalam folder tersebut buat lagi folder dgn nama "APDATE" kemudian copy file yang sudah sobat unduh tadi kedalam folder UPDATE akan terlihat seperti berikut :

X:/PS3/UPDATE/PS3UPDAT.PUP

Instal via xmb
plugin atau masukkan flashdisk tadi pada port USB pada Console PS3 anda cari "System Update" kemudian pilih "Update via Storage Media" tunggu hingga proses selesai. contoh pada gambar


Instal via recovery menu
Jika dalam prakteknya anda menemukan error atau muncul tulisan "No acclicable data was found" maka perlu masuk "recovery menu" jangan panik dulu #:-S anda dapat melakukan ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

Matikan PS3
a.Tahan tombol power sampai konsol menyala dan mati
b.Tekan tombol power lagi sampai Anda mendengar dua kali suara bip berturut-turut
c.Kemudian stop menekan tombol power
d.Setelah itu anda akan diminta untuk menghubungkan kontroler dan tekan tombol PS, Dengan begitu anda sekarang berada "dalam menu pemulihan" atau "recovery menu".

menu recovery
Sekarang gulir ke "System Update" di bagian paling bawah dan instal firmware tersebut seperti biasa dari sana. Namun jika masih kesulitan mempraktikkannya silahkan lihat videonya di youtube .

2. Installasi Custom Firmware Kmeaw, Geohot, Rebug
Setelah selesai mengerjakan langkan pertama diatas dengan lancar dan sukses harusnya sekarang firmware play station tiga sobat sudah menggunakan firmware versi 3.55 asli dari Sony.
Sekarang saatnya instalasi custom firmware / modified firmware atau  CFW / MFW dalam rangka meng-custom firmware versi 3.55 asli dari Sony tadi agar bisa memainkan games backup / copy-an. Langkahnya sama dengan diatas. Ini adalah firmware Jailbrake yang paling stabil dan terbaik untuk jailbreaking silahkan download dulu filenya yg dibutuhkan :
Setelah filenya sudah didapat extract menggunakan winrar, buang PS3UPDAT.PUP firmware 3.55 asli yang berada dalam folder UPDATE flashdisk tadi ganti dengan file firmware "Kmeaw" yg barusan sobat extract, jika namanya sama tinggal copy paste saja namun jika beda sobat perlu merename file tsb dengan nama yg sama yaitu PS3UPDAT.PUP, sedikit membingungkan memang tapi saya yakin sobat kutubloger faham apa yg saya maksud. Nah dengan begitu akan terlihat seperti dibawah :

X:/PS3/UPDATE/PS3UPDAT.PUP

Selanjutnya update melalui "xmb" atau "recovery menu" persis seperti nginstal yg diatas lalu tunggu instalasi sampai selesai. Namun ingat saya peringatkan anda untuk tidak mengupdate versi 3.55 tadi dengan versi-versi lain apapun alasannya karena jika tidak kerja keras dan resiko yg sobat lakukan diatas tadi sia-sia dan percuma.
Tips : Rekomendasi saya agar sobat menggunakan Kmeaw karena lebih komplit dan stabil ketimbang yg lain, lihat video cara instal CFW Kmeaw disini.

3. Instalasi Backup Manager (MultiMAN)
Sampai disini saya ucapkan selamat =D> karena setelah step 1 dan 2 berhasil dilakukan artinya sobat sudah sukses men-jailbroken Console anda. Setelah kedua langkah diatas dilakukan dan sukses harusnya pada menu utama atau xmb akan memiliki dua icon extra dalam menu "game category" yaitu "Install PKG Files" dan "App_home/ PS3 Game." lihat image.


langkah selanjutnya yg harus ditempuh yaitu menginstal "backup manager" multiMAN kegunaannya untuk membackup game atau mengcopy game's ke HDD internal maupun external caranya sebagai berikut :

 Pertama download
Note : instal terlebih dahulu yg full version baru bisa nginstal yg update only.

Setelah download komplit extract filenya, kemudian kosongkan isi flashdisk sobat ingat formatnya harus FAT 32 lalu masukkan file .PKG yg barusan anda download kedalamnya akan terlihat seperti ini :

X:/multiman.pkg

masukkan flashdisk kedalam port console ps 3 lalu arahkan ke install pkg files kemudian install multiMANnya tunggu hingga proses selesai, jika sukses anda akan menemukan icon multiMAN dalam menu game category coba jalankan jika terjadi crass hank atau error jangan hawatir ini biasa terjadi pada saat pertama kali dijalankan solusinya cukup restart console dan biasanya masalah ini tidak akan terjadi lagi. lihat videonya disini


Instalasi BDEMU2
File ini diperlukan oleh multiMAN agar bisa bekerja dengan baik
Langkahnya sama dengan menginstall multiMAN masukkan file yg sobat unduh tadi ke USB stick lihat contoh dibawah :

X:/BDEMU2.pkg

file ini tidak mempunyai icon apapun jadi walau sudah terinstal anda tidak akan melihat icon tambahan di xmb next pergi ke pengaturan multiMAN dan masuk ke "bd-emulator" dan set ke "hermes" ( untuk memainkan game split ), dengan begitu anda sudah berhasil menginstal "backup manager".

Cara Backup Game menggunakan MultiMAN
Ok langsung saja langkahnya sbb :
Masukkan disc games yg anda inginkan kedalam console playstation 3 saran saya pilih game yg agak lama agar tidak ada masalah karena biasanya game-game baru sudah dilengkapi dengan security anti bajak sehingga tidak bisa dimainkan melalui backupan sementara ini, klo itu mah musuhnya para hacker ntar juga jebol jangan khawatir dah pokoknya, oke lanjut jalankan apps multiMAN arahkan pada game yg tadi sobat masukkan lalu tekan "segitiga" pada stick controller jika ingin membackup games tadi ke HDD internal pilih "yes" dan jika ingin membackup game ke HDD external pilih "no" atau tekan O 'lingkaran' kemudian muncul popup Install to USB "insert drive name here" lalu pilih "yes" dengan segera game tadi akan terinstall pada Hard Disc External atau HDD0 anda.
note : HDD external formatnya harus FAT32 bukan NTFS.

install game
Pada saat pengkopian mungkin membutuhkan waktu agak lama jadi sabar sedikit yach... :) dengan mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar console ps3 sobat sekarang sudah siap memainkan game2 bajakan enjoy playing backup games .

note : metode ini sama sekali tidak bertujuan untuk mengajak rekan-rekan untuk melakukan pembajakan dan menjualnya, tutorial ini hanya bertujuan untuk personal use only atau dengan tujuan merawat console agar lebih awet terhindar dari keausan, memperpendek umur optik dan sebagai pembelajaran semata, saya tidak bertanggung jawab apabila nantinya ada pihak yg menuntut atau keberatan dengan adanya tutorial ini namun sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda sendiri "uses on own risk".

( PERLU DIINGAT CARA INI HANYA BEKERJA PADA VERSI 3.55 KEBAWAH ! )
Sebagian ada yg mengeluh bahwa cara ini tidak bekerja ( mungkin mereka melewati salah satu cara diatas) lakukan semua instruksi jangan melompat atau melewati salah satu cara diatas, dijamin anda akan melihat hasinya.

Tutorial ini saya buat semalaman jadi jika postingan ini anda anggap bermanfaat please bantu saya dengan mengklik like, tweet, pin it, atau g+1 dibawah sebagai apresiasi anda terhadap kerja keras saya.

6 komentar :

Unknown said...

Bos kalau cannot start pada saat baru di nyalakan itu gimna? Trims

Anonymous said...

gan ps3 saya 4.75 ofw bisa pake cara ini gak??

Unknown said...

Gan kl super slim bisa gx gan

Unknown said...

Gan.. Kalo kita psnya kita connect ke internet bakal ilang ga multimannya ?

Yayan Iskandar said...

bos ps3 sy ke pormat all data pd ilang termasuk multimennya , syukurnya game nya ada di exsternal masih aman.. pas mau instal ulang multimen dimasukan ke plaahdit filenya g kbaca mau di instal.. adakah solusi.. trims

Vijay Thomas said...

Yes, Play station is really amazing, I mostly play with my friend where he works with the best Packers and Movers for Home Shifting

Post a Comment

Maaf jika saya remove comment yang kurang relevant. Berkomentarlah dengan baik sesuai dengan pembahasan dan gunakan kata-kata yg sopan.